TIPS & TRIK SABLON KAOS UNTUK PEMULA

Berdasarkan pengalaman pribadi ketika ane dalam menempuh hidup baru (menikah kali yee) yaitu memilih untuk terjun ke dunia persilatan maksud ane dunia persalinan…salah menehhh…maksudnya dunia persablonan waduhhh susah banget untuk menentukan memulai dari mana biz gak punya guru atau gak punya informan yang bener-bener bisa ngajarin,

akhirnya ane nanya sana nanya sini biarpun gak banyak menghasilkan ditambah tiap hari melototin yang namanya komputer buat ngobrol sama om google sambil nonton youtube yang tayangin film tentang sablon, lama-lama mulai ada penampakan bagaimana memulai sablon.

Dalam perjalanan waktu yang tidak sedikit tapi konsisten sampai sekarang ane masih tetap namanya belajar sablon karena sablon itu luas banget bro kayanya laut juga kalah luasnya, kalau kita merasa sudah bisa sablon lalu tidak pernah lagi update informasi pasti kita bakal ketinggalan jaman karena sablon kaos itu perkembangannya berbanding lurus dengan perkembangan dunia fashion. Banyangin aja bro, fashion aja sampai punya saluran khusus Fashion TV cuma sablon belum punya, ntar deh ane kalo sudah mapan makmur berjaya, ane mau buat Sablon TV…hahahaha

Mana Tips & Trikkkkk nya, daritadi kok malah curhat…

Bukan curhat mas bro, sebenernya ane ingin memberikan gambaran bahwa jika mas bro ingin memulai belajar sablon jangan pernah cepat putus asa, karena dalam belajar sablon ini butuh kesabaran tinggi, keinginan kuat dan ada biaya yang musti dikeluarkan dan biayanya menurut ane gak sedikit alias gak murah alias Mahal (entah kalo yang lain sich tapi sering ane baca atau liat tulisan di forum-forum atau di blog-blog “Belajar Nyablon Itu Murah Loh”).

Jadi kesimpulannya….tips dan trik sablon untuk pemula adalah :

  1.  Buat data lengkap mengenai apa saja peralatan sablon yang harus dimiliki, ane sudah buatin listnya disini.
  2. Jangan main beli aja mas bro, coba pisah-pisah dulu dari list yang ane buat, ada gak alat & bahan sablon seperti hairdryer, lampu, meja sablon yang bisa dibuat dari bahan bekas gudang mas bro, misal triplek bekasan atau lampu yang bisa mas bro copot dulu bentaran aja khusus buat nembak afdrukan obat sablon, dll.
  3. Beli bahan yang murah aja tapi jangan murahan, maksudnya jangan karena pengen ngirit beli tinta sablon yang paling murah lalu pas dicuci sekali doank, ambrollll semua sablonannya. Mending beli bahan yang bagus tapi paketan kecil alias ngecer, kalo di tengah jalan mas bro mau udahan alias males buat nerusin belajar sablon kan uangnya kan gak habis banyak-banyak amat.
  4. Khusus beli obat afdruk jangan beli yang paketan kecil mas bro, logikanya begini, kan kita belajar sablon hal yang paling utamanya adalah belajar afdruk film, kalau sudah berhasil afdruk baru bisa disablon. Nah afdruk sablon aja lom pernah, baru coba satu kali, dua kali gagal, coba lagi ah..gagal lagi..coba lagi ahh..ehhh obat abis….jam menunjukkan jam 12 malam, semangat lagi kencengggg nihhh tapi toko sablon sudah pada tutup semua… gimana dunk?
  5. Kok disana beda ngajarinnya sama disini? kok disana bilang begitu kok disini bilang yang lain? mas bro, sablon itu karya seni, karya seni gak ada ilmu pastinya tetapi yang bisa pasti adalah bahan sablonnya karena diproduksi dari pabrik dan tiap pabrik punya resep dan cara sendiri-sendiri dalam meraciknya makanya bisa beda-beda caranya karena dari  merknya aja sudah berbeda. Loh merknya sama lohhh bro..??..Gampang.!!! kalau pabrikan besar pasti punya techinal data sheet (TDS), nah mas bro bisa kupas tuntas tuh informasi bahannya, ntar mas bro bandingkan sendiri mana yang bener, mana yang salah.
  6. Fokus dalam hal pencapaian, kira-kira begini bro, awal bermaksud cuma belajar sablon lalu Mas bro searching lihat sablonan keren lalu mas bro tertarik kemudian main beli aja tuh bahan pikir pengen buat seperti apa yang mas bro lihat, setelah beli nyesel gak bisa buat karena peralatan belum lengkap (nanya sama yang jual mah karena dagangannya pengen laku ya gak bakal kasih penjelasan yang panjang lebar, yang penting dibeli produknya) atau misal mas bro banyak maunya, pengen glow in the dark, pengen sablon timbul, pengen discharge akhirnya tanpa kalkulasi yang jelas duit habis, mimpi gak menjadi kenyataan akhirnya mental drop akhirnya jadi males deh mas bro buat lanjutin, akhirnya duit terbuang percuma.
  7. Fokus satu-satu, yang terpenting adalah afdruk film sablon, yang lain belakangan atau misal afdrukan lempar ke orang lain juga boleh, mas bro tinggal nyablon, tapi intinya fokus ke satu hal sampai benar-benar yakin lalu lanjut ke tahap berikutnya.
  8. Banyak melakukan uji coba alias “praktek” karena sablon adalah karya seni, ini ane kasih pepatah “Lain Koki Lain Masakan” sama-sama jual masakan, sama-sama beli bahan di pasar tapi kok hasil rasanya berbeda? jadi jangan pernah nanya mau masak apa sama penjual tapi mas bro sendiri yang tentukan mau masak apa, penjual hanya jual bahannya saja mas bro. Yang bisa mas bro tanyakan adalah Konsultasi Fungsi dan Kegunaan Bahan, sisanya terserah mas bro diapain sesuai ide kreatif mas bro atau sesuai orderan yang mas bro terima.

Kira-kira itu dulu mas bro, ntar kalo ada update-an ane pasti kasih tau, makanya Like FB Fan Page kite yaa (disini) biar dapat informasi terbaru tentang sablon kaos.

“Praktek Langsung Adalah Guru Terbaik”.  by Alat Sablon Medan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s