MERACIK WARNA TINTA SABLON KAOS

Pernah ngerasain belanja ke toko sablon trus nanya mau beli tinta sablon dunk yang warna kuning tai / kuning taek (tai/taek = kotoran mahluk hidup) atau warna coklat susu atau warna merah jambu atau warna hijau lumut atau warna-warna lainnya, TRUS dijawab sama toko sablonnya “RACIK AJA SENDIRI, NIH BIANG WARNANYA PAKE CMYK”…. Nah loh pusing kan kalau dapat jawabannya seperti itu….bikin keki aja….hahahaha

Sebelum acara racik-meracik warna, sebaiknya mas bro paham dulu soal warna (kalo ane jelasin semua dari A – Z, dijamin 7 hari 7 malam gak selesai). Jadi ane ambil garis besarnya aja buat mas bro biar gak buta-buta amat kalau meracik warna tinta sablon kaos.

ALAT SABLON MEDAN, DIAGRAM WARNA

color wheel

Perlu diketahui di dunia ini mempunyai banyak sekali bahasa universal, contoh: Bahasa universal untuk BERAT menggunakan ons – gram – kilogram – ton – dst. Bahasa universal untuk PANJANG menggunakan milimeter – centimeter – meter – kilometer – dst. Nah bahasa universal untuk WARNA menggunakan PANTONE.

Jadi gak salah kalau toko sablon jawabnya “RACIK AJA SENDIRI, INI BIANG WARNANYA CMYK”, kalau boleh tuh toko sablon nambah jawabannya, (MAAF)pasti jawab seperti ini “Lu tanya mau beli tinta warna kuning tai/kuning taek, taeknya siapa..?? taek gue warnanya kagak kuning tapi biru” “Lu tanya mau beli tinta warna coklat susu, susunya siapa..??kambing atau sapi..?”hahahah.

Jadi yang bener kalau ngomong bahasa untuk WARNA ya menggunakan Bahasa PANTONE seperti PANTONE 101, PANTONE 706, PANTONE 582, dst.

Sebelum masuk ke bahasa pantone, ada bagusnya kalau kita mulai dari dasar dahulu yaitu mengenal warna PRIMER dan warna SEKUNDER.

Warna PRIMER terdiri dari warna BIRU, MERAH  dan KUNING

Warna SEKUNDER terdiri dari warna VIOLET, ORANGE, HIJAU.

Coba mas bro lihat gambar diagram warna di atas lalu perhatikan baik-baik letak susunan warna primer dan warna sekunder. Jika kita menggabungkan 2 warna primer yang berbeda pasti akan menghasilkan warna sekunder yang baru, biar ga binggung ane kasih contohnya ya:

Resep 1 = Merah 100% + Kuning 100% = Orange 100%.

Resep 2 = Kuning 100% + Biru 100% = Hijau 100%.

Resep 3 = Biru 100% + Merah 100% = Violet 100%.

Kira-kira begitulah cara meracik warna sesuai petunjuk gambar diagram warna diatas, selanjutnya mas bro sendiri yang harus banyak latihan campur-mencampur warna sampai mas bro sendiri merasa bisa.

“Praktek Langsung Adalah Guru Terbaik”.  by Alat Sablon Medan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s