HASIL SABLONAN BERBAYANG

Yakin 100%…!!! Hampir semua sabloner pernah mengalami waktu nyablon hasilnya berbayang. Hukum ini berlaku bagi sabloner pemula maupun sabloner mahir. Banyak faktor yang menyebabkan hasil sablonan berbayang.

Tekanan rakel saat nyablon tidak benar, Kain screen yang kendor, setingan screen berubah, tinta kekentalan, tersumbatnya kain screen dengan tinta, dll. Jadi apa yang musti dilakukan ketika mendapatkan hasil sablonan berbayang…????

BERHENTI nyablonnya..!!!, Jangan Lanjutkan….!!! Karena hasil sablon berbayang ini kalau tidak dibereskan, akan terus menghasilkan sablonan berbayang pada penyablonan berikutnya.

Pertama, kalau memungkinkan geser tinta di screen ke bagian yang bukan area sablon. Jika tidak memungkinkan karena ruang screen terpakai semua maka pindahkan tinta ke tempat lain.

Kedua,(Cara ini untuk tinta Water Based) pakai lap basah bersihkan semua area film sablon hingga semua tinta sablon benar-benar hilang/bersih dari permukaan kain screen atau jika mas bro nyablonnya menggunakan sistem todong alias kagak pake catok atau meja rotary, sudah dibawa saja screennya ke keran air terdekat di kampung mas bro (maaf, kalau di kampungnya mas bro mah kejauhan, yang ada ntar mampat semua screennya..hahaha, maksudnya di keran air di WC rumah mas bro aja)…. siram semua screennya, sekalian dibersihkan semua tinta-tinta yang mengental yang kalo ditarik uda kaya permen karet. Ingat membersihkan kain screen sewaktu hasil sablonan berbayang, jangan setengah-setengah karena jika mas bro cuma bersihkannya di daerah berbayang saja, ada kemungkinan area yang tidak berbayang terkena lap, akhirnya bukan bersih malah merembet kemana-mana tintanya. (Cara ini untuk tinta Solvent Based) kalau tinta water based bersihkannya cukup dengan air beda dengan tinta solvent based. Gunakanlah terpin.

Ketiga, setelah bersih kain screennya, keringkan dahulu screennya dengan lap bersih yang kering lalu silakan mas bro lanjutkan nyablonnya. Disarankan setiap habis nyablon satu kaos, biasakanlah untuk men Cek / QC (Quality Control) agar jika terjadi gagal produksi cepat terditeksi sehingga meminimalisir kerugian. Jika memungkinkan, tunjuklah seseorang sebagai Kenek mas bro yang khusus melototin hasil sablonan mas bro sambil bantu-bantu ngeringin sablonan. Yaa kalau kondisi tidak memungkinkan untuk mempunyai Kenek, yaaa kaya ane jaman dahulu pas nyablon sendirian, tangan pegang rakel nge gesut, kaki pegang hairdyer buat ngeringin, pinggul goyang Patah-Patah buat geserin papan sablonan, dada goyang Drible brooo buat cari angin, abis puanass bgt cuacanya…sudah kaya Kungfu Panda, akhirnya mahal di ongkos mijetnya gara-gara merengkel(keram) semua otot badannya…hahaha

“Praktek Langsung Adalah Guru Terbaik”.  by Alat Sablon Medan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s