JANGAN DIBUANG OBAT AFDRUK SISA PAKAI

Ketika kita mau buat obat afdruk sablon kaos, kadang kita buatnya bisa lebih, kadang bisa kurang. Kalau kurang yaaaa gampang tinggal bikin lagi, nah kalau lebih gimana..? Kan obat afdruk sablon kaos kalau sudah bercampur antara emulsi dengan sensitizer pasti ada waktu kadaluarsanya.

Gampang bro… Gak pake mubazir, Gak pake boros-boros, simpan saja di satu wadah botol atau tempat apa saja, yang penting wadah botolnya kedap cahaya alias gak boleh transparant seperti botol aqua. Kemudian jangan lupa kasih catatan di kertas lalu tempel di botolnya, isi catatannya adalah tanggal berapa bro membuat / mencampur obat afdruk tersebut dan juga tulis “INI BUKAN BOTOL KECAP, JGN DIMAKAN”…hahaha, takutnya orang rumah main sambar aja tuh botol buat nge rujak….

Kalau sudah ditulis catatan, taruh saja obat afdruk sisaan tersebut di tempat sejuk yang tidak terkena cahaya matahari, jika besok atau di lain hari sedang buat afdrukan sablon kaos lagi kemudian ada sisa seperti yang kemarin-kemarin, masukkan saja ke wadah botol tadi lalu jangan lupa tutup rapat lagi.

Pertanyaannya adalah sampai kapan kita harus menyimpan obat afdruk sisaan tersebut..?? Sampai cukup untuk membuat afdrukan di 1(satu) screen sablon saja, kalau obat afdruk sisaan sudah habis, baru pakai obat afdruk yang baru lagi. Tujuan sebenarnya adalah agar ongkos produksi bisa ditekan seminim mungkin alias bisa ngirit ya ngiritt bro..hehehe.

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa pembahasan di artikel ini, ane menggunakan obat afdruk merk Diazol Hijau, kalau obat afdruk merk lain, ane belum pernah coba, tapi secara teori mungkin bisa dipakai cara ini juga, karena pada prinsipnya, cara kerja obat afdruk yang beredar di Indonesia hampir sama.

Pertanyaan berikutnya adalah emang sama cara pakai obat afdruk sisa bekas pakai sama obat afdruk yang baru saja dibuat…?? SAMA….cuma ada 1(satu) perbedaan saja yaitu waktu lama penyinaran proses afdrukan harus lebih lama dibandingkan obat afdruk baru. Ciri-ciri obat afdruk sisa pakai yang telah melewati lebih dari 1(satu) hari adalah kekentalannya cairan akan lebih encer dibanding hari sebelumnya.

Jika sekiranya mas bro masih kurang paham atau kurang jelas, datang saja ke workshop buat kongkow-kongkow atau buat yang jauh dari workshop add aja BB / WA / HP disini.

“Praktek Langsung Adalah Guru Terbaik”.  by Alat Sablon Medan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s