TINTA SABLON KAOS BERJAMUR

Artikel kali ini adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh kami di Laboratorium AS-MEDAN dengan material tinta sablon kaos (maaf merknya kami rahasiakan, karena kami bukan team pencari masalah). Apa yang kami teliti…?? Langsung aja yuk ikuti penelusurannya…(sdh kaya Team “Masih Dunia Lain” aja..hahaha).

tinta sablon, belajar sablon, cara sablon, tinta sablon matsui, alat sablon

1 – 1

Geli…?? Merinding..?? Jijaiii..?? Menjijikan..?? Jangan kaget, ini adalah tinta sablon yang sudah berjamur. Sengaja kami melakukan penelitian ini karena kami ingin mengetahui apakah tinta sablon kaos bisa rusak atau tidak atau bagaimana. Ternyata tinta sablon bisa berjamur alias bisa rusak seperti gambar yang di atas. Kami melakukan ekperimen dengan cara tinta sablon kaos diberi pigment pewarna lalu kami simpan di wadah botol bersih kemudian kami diamkan selama 10 bulan lamanya tanpa perawatan, kami sengaja tidak menutup wadah botolnya terlalu rapat. Tidak diam disitu saja, kami juga melakukan uji coba dengan sampling berbeda tapi tetap sama menggunakan tinta sablon kaos, tetapi kali ini kami menggunakan warna pigment yang berbeda dan jangka waktu yang berbeda pula dan wadah botol kami tutup sedikit rapat dibandingkan sampling diatas, nah inilah hasilnya…

tinta sablon, belajar sablon, cara sablon, tinta sablon matsui, alat sablon, tinta sablon rusak

1 – 2

Ternyata hasilnya pun sama alias tinta sablon kaos jadi berjamur namun dengan jamur berwarna putih seperti putih serutan es batu dan jamurnya tidak sebanyak yang pertama. Coba mas bro perhatikan gambar 1-1 dan gambar 1-2, jamur yang berkembang mempunyai pola dan tekstur yang berbeda, begitu juga warna jamurnya berbeda.

Lalu kami melakukan uji coba lagi tetapi kali ini wadah botolnya kami tutup rapat-rapat, ternyata tinta sablon kaosnya hingga hari ini tetap baik-baik saja kondisinya.

Lalu apa yang bisa kita pelajari dari artikel ini…???

Perawatan… Ya betul perawatan. Tinta sablon kaos pun butuh perawatan yang benar dan baik, jika kita menaruh tinta sablon kaos sembarangan, maka tinta sablon kaos yang seharusnya mempunyai umur yang panjang pun akan menjadi pendek. Dan jangan lupa tinta sablon kaos pun mempunyai jangka waktu kadaluarsa layaknya makanan yang bisa expired.

Lalu bagaimana cara merawat tinta sablon kaos agar umurnya bisa panjang ketika disimpan..?

Taruhlah di wadah yang bersih dan biasakan bersihkan area tutup wadah botolnya dari sisa-sisaan tinta sablon ketika kita selesai produksi agar ketika kita tidak menggunakan dalam waktu yang lama, tutup wadah botol benar-benar rapat dan tidak kemasukkan angin, karena angin yang masuk membawa bakteri dan bakteri yang masuk akan berkembang biak di tinta sablon kaos seperti yang terjadi di gambar di atas (1-1 dan 1-2). Dan jangan lupa taruhlah tinta sablon kaos di tempat yang teduh / adem, jangan taruh di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

“Praktek Langsung Adalah Guru Terbaik”.  by Alat Sablon Medan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s