Printer DTG

Printer DTG adalah printer inkjet untuk mencetak kaos atau bahan textile lainnya secara digital dengan menggunakan tinta khusus textile. DTG itu sendiri merupakan singkatan dari DIRECT TO GARMENT.Dengan bermodal satu buah komputer yang disambungkan langsung ke printer DTG, anda bisa langsung mencetak segala jenis gambar atau design yang anda suka ke kaos atau bahan textile lainnya.

Awal dikenalkannya Printer DTG adalah di tahun 2004 oleh perusahaan besar dan terkemuka Mimaki ketika  acara SGIA (Specialty Graphic Imaging Association) di Minneapolis, Amerika Serikat. Lahirnya printer DTG ini bertujuan untuk mempersingkat waktu kerja dan meningkatkan kualitas produksi dalam hal mencetak sebuah gambar/foto/design yang full color dengan dot raster menggunakan resolusi tinggi tanpa kita harus memiliki kemampuan layaknya mencetak atau menyablon kaos dengan menggunakan sablon manual. Cukup upload design anda ke program DTG di komputer anda lalu seting sana sedikit sini sedikit lalu PRINT dan selesai, kaos anda pun sudah siap dipakai atau dijual.

Harga printer DTG asli buatan pabrik masih tergolong sangat mahal saat ini namun di Indonesia banyak yang melakukan modifikasi yang akhirnya terkenal dengan sebutan PRINTER DTG RAKITAN.

Modifikasi yang dilakukan adalah menggunakan printer inkjet yang biasa kita pakai buat mencetak gambar / design di kertas itu dirubah agar dapat mencetak design di atas bahan kaos atau textile. Di Indonesia printer DTG ini sedang BOOMING keberadaannya karena setiap orang berpikir jika saya membeli satu buah printer DTG lalu bisa buka usaha SABLON DTG kecil-kecilan sendiri dan bisa menghasilkan profit. BENAR itu tidak SALAH tetapi ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum anda membeli untuk kepentingan investasi usaha.

Jika anda berinvestasi printer DTG adalah untuk keperluan pribadi atau sekedar hobi abaikan tulisan kami selanjutnya. Berikut ini kami memberikan sedikit gambaran plus minus untung ruginya jika anda tertarik berinvestasi dengan printer DTG untuk keperluan membuka usaha dengan printer DTG atau yang lebih dikenal Sablon DTG atau Printing Kaos:

  • MODAL PAS-PAS AN. Jika saat ini anda sudah mempunyai sebuah workshop sablon manual atau sablon lainnya maka berinvestasi printer DTG adalah layak untuk dicoba namun jika saat ini kondisi anda baru INGIN membuka usaha sablon DTG dengan menggunakan printer DTG, kami sarankan agar pikir matang-matang niat anda (masih banyak jenis usaha lain dengan modal yang jauh lebih kecil dengan tingkat resiko yang lebih rendah dan mempunyai profit yang jauh lebih besar daripada berinvestasi di printer DTG).
  • MODAL PAS-PAS AN TAPI PUNYA TARGET PASAR SANGAT BESAR. Wah ini peluang..!!! Anda bisa sukses jadi pengusaha sablon DTG.
  • MODAL SAYA BANYAK. Silahkan anda mencoba dan mengadu nasib peruntungan anda.
  • SAYA TINGGAL DI KOTA KECIL. Pertimbangkan kondisi jika printer DTG anda rusak siapa dan bagaimana memperbaikinya, tersediakah toko spare parts printer di kota anda? Jika usaha sablon DTG anda cuma bermodalkan satu printer DTG lalu printer DTG anda rusak maka otomatis income/pemasukan anda mati total.
  • SAYA PEMALAS. Printer DTG itu butuh perawatan tiap hari agar head printernya tidak kering yang berujung mampat dan tidak berfungsi. Jika head printernya mampat maka anda harus menyiapkan dana khusus untuk reparasi kepala head printer dan biayanya tidak murah kecuali anda memang jago service bongkar pasang printer maka biaya anda adalah gratis.
  • SABLON SATUAN. Printer DTG memang diciptakan untuk itu.
  • FULL COLOR. Wah jangan tanya lagi, printer DTG memang terkenal untuk mencetak full color.
  • MURAH DAN MURAHAN. Usaha sablon DTG anda akan dikenal orang sebagai workshop yang  murahan karena produksi buatan anda berkualitas rendah dan membuat pelanggan anda kecewa dan pergi meninggalkan anda.
  • MURAH DAN BERKUALITAS. Dijamin anda akan bangkrut tidak lama dari anda menjalankan prinsip murah dan berkualitas karena biaya perawatan printer DTG yang cukup tinggi dan harga tinta printer DTG lokal maupun import tidak ada yang murah apalagi tinta untuk coating putih. Pendapatan anda pasti akan kesedot semua untuk biaya sehari-hari tapi tanpa anda bisa menyisihkan profit. (Ada atau tidak adanya orderan, printer DTG harus dijalankan minimal satu kali sehari untuk menghindari tinta mampat dan tinta printer DTG itu tidak murah harganya)
  • MAHAL DAN BERKUALITAS. Maaf anda siapa..?? Terkenal saja belum mau buka harga mahal, siapa yang mau beli..??
  • PRINTING SPESIAL EFEK. MAAF, ini sablon DTG bukan sablon manual, printer DTG hanya mampu mencetak gambar full color tanpa bisa diefek-efek seperti sablon manual.
  • MODAL 10 JUTA CUKUP…??? Waduh gak cukup tuh….☻☻☻

“Belajar Nyablon = Praktek 90% + Teori 10%” by Alat Sablon Medan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s